Membangun Koneksi Internet di Pedesaan

Koneksi RTRWnet Atom-Media.Net yang aku bangun sudah berjalan 5 bulan ini. Setelah sempat vakum beberapa waktu lalu karena ada persoalan pengambilan tower yang diambil secara mendadak oleh yang punya🙂. Dengan kerja keras kami akhirnya kami dapt membangun kembali tower untuk melayani beberapa klien.
Usaha ini berawal dari pemikiran saya untuk mendapatkan koneksi internet yang murah dan stabil di lingkungan kampung tempat saya tinggal.  Seperti kita tahu pembangunan infrastruktur internet tidak merata, terutama bagi yang tinggal di pedesaan, apalagi desa di daerah pegunungan. Memang untuk mengakses internet ditempat saya bisa di lakukan dengan menggunakan layanan operator besar seperti Indosat, Telkomsel, 3, XL, Axis dll. tetapi layanan  operator tersebut kualitasnya masih sangat minim slain sinyal yang di dapat cuma GPRS sering putus lagi alias nggak bisa stabil.  Dengan koneksi melalui  GPRS (2,5G)/(2,75G) koneksi yang didapat sangat lambat, apalagi ditambah dengan adanya promo koneksi internet unlimited baik indosat maupun telkomsel keadan tersebut menjadi bertambah parah untuk melakukan dial koneksi saja sering gagal. Jaringan 3G/HSPDA yang dibagun Indosat maupun Telkomsel sepertinya masih sulit menjangkau daerah pedesaan. Ternyata Hanya promonya saja yang gedhe-gedhean orientasi utamanya tetap untuk masyarakat perkotaan. Pembangunan jaringan tetap mengutamakan daerah-daerah perkotaan. (Lha wong jaringan yang diperkotaan saja masih buruk).
Mengharapkan koneksi internet yang bagus di daerah pedesaan jika hanya mengandalkan dan menunggu kebaikan hati operator saja seperti penantian yang tiada akhir.  Apalagi mengharapkan koneksi yang lebih cepat melalui jaringan EVDO, WIMAX mesti menunggu lebih lama lagi.  Kesenjangan pembangunan di Indonesia ternyata berlaku juga untuk pembangunan sarana jaringan internet. Begitulah hidup di pedesaan Indonesia, meskipun biaya hidup sehari-hari relatif lebih murah tetapi  bandwith internet menjadi barang yang sangat mahal. Padahal kebutuhan informasi menjadi kebutuhan mutlak bagi semua orang, baik yang tinggal dei perkotaan maupun di pedesaan.
Hal-hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa kami membangun Jaringan RT-RWnet di kampung kami. Minimnya pengetahuan dasar tentang jaringan tidak menyurutkan niat kami,  kami berkonsultasi dengan teman-teman lama yang menekuni dunia networking, selain itu jug bertanya melalui di forum-forum yang membahas jaringan interntet seperti forum telkom speedy yang diasuh oleh bapak Onno W Purbo,selaku orang yang mepropagandakan internet murah untuk rakyat.

Meskipun apa yang kami bangun ini hanya dalam kecil tetapi semoga dapat berguna bagi masyarakat di Patuk Gunungkidul.

One thought on “Membangun Koneksi Internet di Pedesaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s