Multiplesite vs Unisite

Masih berkaitan dengan postingan terdahulu tentang unitasker atau multitasker. Tetapi kali ini akan membahas mengenai pengelolaan website. Sebagai seorang yang membuka usaha online,website adalah kantor kita didunia maya yang mennjadi penghubung kita dengan pelanggan. Oleh karena itu kita harus berusaha semaksimal mungkin agar pelanggan dapat menemukan kita. Website kita ada di dunia yang sama dengan website korporasi besar tanpa ada batas. Kita paling tidak bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita untuk eksis di dunia maya. Sebuah website yang baru saja kita bangun dapat diibaratkan hanyalah sebatang pohon yang baru saja dibelantara dunia maya. Namun untuk dapat bertahan hidup eksis saja tidak cukup. Perlu ada orang-orang yang datang dan memberi makan pohon yang kita tanam bukan? Jika tidak mendapatkan pasokan makanan yang cukup maka bisa dipastikan tanaman tersebut akan mati. Nah sekarang persoalannya adalah bagaimana kita dapat mendatangkan calon pelanggan untuk meberikan pasokan makanan pada website kita?
Pada dasarnya seperti pertanyaan tentang lebih efektif mana antara unitasker dan multitasker, cuman pertanyaannya sedikit kita modifikasi. Sebaiknya mempromosikan usaha yang kita miliki cukup dengan satu website saja ataukah banyak website?Berdasarkan tukar pengalaman dengan beberapa teman yang menjalankan bisnis online memang ada yang menggunakan teknik membuat banyak website dengan tujuan untuk menjaring sebanyak mungkin pengunjung dan calon pembeli produknya. Sebenarnya hal ini menurut saya lebih disebabkan karena model bisnis online yang digeluti. Untuk jenis bisnis yang menjual barang /jasa biasanya selain memiliki banyak situs mereka juga menjadi anggota beberapa marketplace yang mempunyai traffic cukup banyak.Jika hanya menyasar pasar dalam negeri FJB-Kaskus,Fotografer.net (khusus peralatan fotografi), Toko Bagus, Dinomarket dll (selengkapnya baca disini  ) untuk pasar luar negeri Ebay, Bidstart,Bonanzle dll cukup potensial juga menjual barang.

Sedangkan untuk jenis bisnis yang mengandalkan pendapatan dari iklan PPC, PPA, PPL dll hampir dipastikan mempunyai lebih dari satu website.Selain membuat banyak website ia juga membuat banyak account berbagai social media dan social bookmark.Rata-rata tiap social media dan social bookmark ia mempunyai sedikitnya 150 account yang dimaintain secara berkala untuk mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya. Ketika dia saya tanya apa gak susah mengelola account yang sekian banyak itu dia menjawab sebenarnya paling susah itu ketika harus melawan rasa bosan karena melakukan sesuatu hal sama secara berulang.Hal itu dapat diatasi sejenak dengan bermain mafia wars🙂 atau browsing hal-hal yang menyenangkan.

Sebaliknya ada juga teman yang lebih memilih fokus mengelola satu website saja untuk usaha yang dijalankannya. Corporate besar kebanyakan hanya mempunyai satu website utama saja. Contohnya Hewlett-Packard.Segala informasi produk yang variannya amat banyak PC, laptop, solusi enterprise,layanan pelanggan dan bahkan kantor-kantor cabang mereka di seluruh dunia semuanya difokuskan di HP.com. Bagaimana dengan usaha-usaha kecil dan menengah cukupkah dengan satu webstite saja? Ada beberapa teman saya yang tetap dapat menjalankan bisninsya meskipun hanya dengan mengandalkan satu website saja.Ketika saya tanya alasananya kenapa hanya mempunyai satu website saja jawabannya cukup simple. Membuat banyak situs itu sih gampang, cuman untuk merawatnya yang susah.Lagian buat apa bikin website banyak-banyak kalau nggak diurus dengan baik jadinya mubazir. Selain itu menurutnya ada beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan jika hanya fokus mengelola satu situs saja antara lain masalah biaya perawatan operasional dan promosi.

Terus sebaiknya gimana? ya semuanya terserah anda lebih pas yang mana. Mau bikin 10 website boleh, mau cuma bikin satu website saja juga tidak apa-apa yang penting jangan berhenti berusaha urusan rejeki udah ada yang ngatur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s