Multitasker atau Unitasker?

Mampukah anda mengerjakan beberapa hal bersamaan dan tetap dapat fokus pada semua pekerjaan anda?
Mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersama-sama kelihatannya efektif karena beberapa hal yang berbeda dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Hemat waktu bukan? Tetapi lihatlah apakah hasil pekerjaan yang anda capai bisa maksimal. Kalau anda tetap bisa mengerjakan kesemuanya dengan hasil maksimal anda patut membanggakan diri karena anda sudah bisa memanage pekerjaan denagan baik.

Saya pribadi sering mengalami kegagalan bila harus melakukan beberapa perkerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Meskipun pada dasarnya manusia lebih pinter dari sistem operasi komputer tapi sebagai seorang manusia saya merasa sulit untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dengan hasil maksimal.

Dulu saya sering berpikir OS Windows bikinan Microsoft saja bisa multitasking masak kita yang bikinan Yang Maha Kuasa tidak bisa multitasking. Secara teori mungkin iya, tetapi setelah mempraktekkan sendiri pendapat saya tersebut ternyata susah juga dilakukan. Mungkin inilah kelebihan sekaligus kekurangan manusia bisa mikir banyak cuman susah untuk konsisten dalam memberikan pembagian yang adil dalam hal yang dikerjakan.

Sebagai seorang part-time freelancer saya kadang mengerjakan beberapa pekerjaan dengan tipe yang berbeda, kadang saya fokuskan pada satu pekerjaan terlebih dahulu baru pekerjaan yang lainnya. Prioritas pekerjaan biasanya saya dahulukan yang paling mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu untuk mengurangi beban pekerjaan baru kemudian pekerjaan lebih sulit.

Kedua hal tersebut pernah saya lakukan dan saya merasa lebih puas dengan cara yang terakhir.Hal ini tidak berlaku multak, mungkin pas dengan kondisi saya tapi belum tentu anda akan cocok dengan cara saya.
Tipe apakah anda? Multitasker atau Unitasker?

Tinggalkan Balasan

