Jagoan Cewek Nggak Bikin Game Laku

Jakarta – Ada yang berpendapat game dengan jagoan cewek tidak akan membuat game itu lebih laku daripada jika jagoannya cowok. Demikian yang konon dianut oleh penerbit game besar, Activision.

Paling tidak itu yang dikabarkan Gamasutra, seperti dikutip detikINET, Kamis (5/8/2010). Dikisahkan bahwa Activision membunuh sebuah proyek game bernama Black Lotus karena beranggapan game dengan jagoan cewek tidak akan laku.

Black Lotus awalnya akan memiliki jagoan yang didasarkan pada aktris Lucy Liu. Namun karena Activision meminta agar sang jagoan cewek dihapus, game itu bermetamorfosis menjadi True Crime: Hong Kong (keluar akhir 2010, untuk Xbox 360, PS3 dan PC).

Bahkan, Activision disebut-sebut mengutip ‘kegagalan’ beberapa game dengan jagoan wanita. Termasuk di antaranya adalah Wet dan Bayonetta yang dinilai redup di pasaran.

Secara resmi, Activision mengatakan tidak pernah melakukan diskriminasi gender tokoh game. “Kami tidak punya kebijakan mendikte konten apa yang boleh dikembangkan oleh studio pengembang, dan kami juga tidak pernah memerintahkan studiop untuk tidak membuat game dengan tokoh utama wanita,” sebut pernyataan resmi Activision.

Soal True Crime, Activision mengindikasikan pihaknya hanya menggunakan riset pasar untuk mencoba memahami apa yang dicari gamer. Pihaknya mengaku tak pernah mendikte gender tertentu bagi tokoh utama game tersebut.

Meski Wet dan Bayonetta relatif tak sukses di pasaran, ada cukup banyak seri game yang terkenal dengan jagoan wanitanya. Sebut saja Lara Croft dari Tomb Raider, Samus Aran dari Metroid dan Faith dari Mirror’s Edge.

sumber:detikinet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s