Menjalankan Perintah di Background Linux

 Perintah ini sering saya gunakan untuk melakukan donwnload di server jaringan rtrwnet, untuk meyediakan aplikasi-aplikasi yang dipelukan pelanggan. Karena komputer yang digunakan sudak tidak dipasangi monitor lagi maka harus melakukan remote login via ssh. Untuk menjalankan perintah secara background sebenarnya bisa ditambahkan opsi -b atau & di akhir perintah atau script yang jalankan sehingga proses yang kita eksekusi berjalan di background, misalnya  cek.sh &  atau  cek.sh -b. Persoalan yan kemudian timbul yaitu ketika  ssh session-nya  tutup atau logout , maka secara otomatis proses tadi di-kill (dihentikan).  Hal tersebut bisa diatasi dengan menjalankan perintah at.
Pada dasarnya, perintah at ini digunakan untuk menjalankan script pada suatu waktu tertentu. Tapi lagi, at ini juga sekaligus menjalankan script tadi di background tanpa membuatnya di-kill jika kita logout. 
at -f cek.sh now
script itu di waktu tertentu,
contohnya :at -f cek.sh 2am maka script cek.sh akan dijalankan pada pukul 2 pagi jika saat ini sudah lewat jam 2 maka script tersebut akan dijalankan pada hari selanjutnya.

Blogged with the Flock Browser

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s